Cara modifikasi file obb di android 11 berbeda dengan android sebelumnya. Ini memang fitur baru dengan adanya keamanan pada android 11

Cara Modifikasi File Obb di Android 11

Fabula.co.id – Android 11 merupakan generasi paling baru dari peningkatan versi android. Tentunya setiap peningkatan android selalu membawa peningkatan fitur baru baik dalam tampilan maupun keamanan. Dalam hal ini kita akan membahas mengenai salah satu problem ketika ingin melakukan cara modifikasi file obb android 11. 

Karena memang dalam android 11, Anda tidak bisa secara langsung memodifikasi dalam hal ini menyalin dan menempel sembarang file di folder data android file manager internal ponsel. Dalam kasus ini saya menggunakan Oppo A74 yang sudah mempunyai android versi 11. Saya kira awalnya ini bug, namun ternyata memang fitur pengunci ini mencegah pengguna atau pun penyusup untuk memodifikasi data android.

Keamanan semacam ini memang diperlukan, apalagi terkait aplikasi jahat yang bisa membaca internal ponsel, sangat bahaya memang jika bisa memanipulasi data di internal android. Namun jika sering bermain maupun penggunaan aplikasi yang menggunakan data obb tentu sangat kuwalahan menghadapi problem ini.

Biasanya memang sering digunakan para penikmat game. Misalnya saja game Bussid, Pes maupun GTA yang menggunakan data Obb. Apalagi yang menggunakan versi data Obb modif seperti halnya game-game yang sudah saya sebutkan. Untuk mengatasi problem ini, saya sudah menyiapkan cara modifikasi file Obb di android 11.

Cara Modifikasi File Obb di Android 11

Cara Modifikasi File Obb di Android
Cara Modifikasi File Obb di Android 11

 

1. Install File Manager X-plore

X-plore File Manager
X-plore File Manager
Developer: Lonely Cat Games
Price: Free

Salah satu file manager yang bisa digunakan untuk melakukan penyalinan dan penempelan file pada folder android/obb

 

 

2. Salin File Obb dan Arahkan Dulu Folder Tujuan

Cara Modifikasi File Obb di Android 11

Kemudian arahkan tab pertama dan posisikan pada folder tujuan. Dalam hal ini android/obb. Kemudian masuk ke lokasi file obb yang sudah di ekstrak kemudian lakukan penyalinan maupun opsi pindah.

3. Paste File Obb

Kemudian paste obb pada tab pertama sebelah kiri. Sampai disini Anda sudah memodifikasi file di folder obb android 11.

Ini berlaku pada android 11 saja, kalau android 1o maupun versi sebelumnya, melakukan ekstrak obb dan menempelkannya langsung ke folder android/obb memang langsung bisa dan hanya menggunakan file manager original bawaan ponsel. Sedangkan pada android 11 ini, untuk membaca isi file folder android saja memerlukan aplikasi lain dan perizinan dari pengguna.

Cara yang sudah saya berikan ini tidak memerlukan root ponsel. Saya kira semua fitur yang ada memang sudah optimal pada android 11. Jadi kalau untuk penggunaan standar tidak perlu melakukan root ponsel. 

Bahaya Memodifikasi File Obb Android

Cara Modifikasi File Obb di Android 11
Cara Modifikasi File Obb di Android 11

Memang ada beberapa resiko yang akan dihadapi jika memodifikasi file Obb pada android. Kebanyakan modifikasi memang file tidak ori dan dikhawatirkan membawa malware yang bisa mengakses isi ponsel. Terlebih mempunyai akses pada internal ponsel dan berbagai aplikasi yang bersangkutan langsung dengan data privasi pengguna.

Jangan terlalu mengganti data aplikasi maupun menggunakan aplikasi yang sudah di mod secara berlebihan. Selalu pastikan keamanan pada ponsel Anda. Karena ponsel Anda mencakup privasi dan pastinya ada banyak data yang nantinya dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh peretas maupun penyusup.

Memodifikasi berbagai file sistem memang mempunyai resiko. Kalau sekedar data Obb mungkin kalau tidak cocok dengan versi aplikasi yang ada bisa terjadi crash dan force close pada aplikasi terkait. Kalau sudah masuk ke dalam sistem android, misalnya saja melakukan rooting dan belum paham dengan sistem, resiko yang akan dihadapi tentu berkaitan denga bootlopp. Atau bahkan ponsel akan crash dan perlu dilakukan flashing ulang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.