2 Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak

Fabula.co.id – Whatsapp menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling banyak digunakan saat ini, bahkan sudah mendunia. Walaupun sudah ada banyak aplikasi pesaing yang mirip dan lebih kaya akan fitur, seperti Telegram, Whatsapp masih tetap menjadi pilihan untuk saling terhubung bagi pengguna media sosial. Namun di dalam internet tentu pasti ada kendala, misalnya saja pembajakan, ini juga bisa terjadi di Whatsapp. Bagaimana jika Whatsapp Anda terbajak ? Berikut ada beberapa cara mengembalikan Whatsapp yang dibajak.

Pembajakan atau lebih mudahnya dikatakan sebagai penyadapan memang sangat meresahkan. Apalagi penggunaan Whatsapp dalam keseharian juga sangat erat hubungannya dengan privasi pengguna. Fitur keamanan Whatsapp itu sendiri sudah ada enkripsi end to end, namun celah biasanya ada pada pengguna, misalnya saja menggunakan fitur kode QR atau penggantian perangkat yang akan menggunakan kode OTP.

Kode QR merupakan fitur Whatsapp yang berfungsi untuk menghubungkan akun Whatsapp yang ada di ponsel dengan Whatsapp versi komputer, baik menggunakan aplikasi Whatsapp khusus komputer maupun dengan Whatsapp versi web browser.

Namun cara ini bisa disalahgunakan, misalnya dengan melakukan scan kode QR orang lain. Walaupun ada notifikasi secara khusus maupun bisa juga di cek langsung di bagian opsi perangkat tertaut, bagi yang belum paham tentu akan menjadi hal yang biasa saja. Padahal si penyadap itu sendiri bisa mengakses semua pesan yang ada. Bahkan bisa melakukan manipulasi perpesanan, misalnya mengirim pesan, menghapus pesan dan masih banyak lagi.

Akan menjadi bahaya besar jika disalahgunakan, misalnya mengirim permintaan uang maupun dalam bentuk lain, atau bahkan juga bisa digunakan untuk mencemarkan nama baik. Ada juga yang memang menggunakan teknik manipulasi sosial. Ini biasanya dilakukan dengan pendekatan kepada korban, bahkan bisa juga sangat dekat karena akan mengambil alih langsung akun Whatsapp si target.

Cara sederhananya seperti ini. Peretas akan mendownload Whatsapp baru, kemudian akan melakukan login di perangkat peretas menggunakan nomor dari korban. Otomatis, di nomor korban akan ada notifikasi sms baru berupa OTP. Kemudian peretas akan memanipulasi korbannya agar si korban bisa menggunakan OTP yang masuk tadi.

2 Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak

Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak

Jika Anda mengalami akun Whatsapp Anda terbajak, Anda bisa menggunakan beberapa langkah dibawah ini untuk mengembalikannya.

1. Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak dengan QR Code

Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak

Kode QR menggunakan prinsip menautkan dan menampilkn pesan dari akun yang ditautkan dengan perangkat lain. Ada juga yang menggunakan aplikasi seperti Whatsapp web. Penyalahgunaan ini sebenarnya bisa dengan mudan Anda antisipasi.

Caranya cukup mudah, buka akun Whatsapp Anda dan pilih perangkat tertaut. Jika ada berbagai opsi perangkat yang terhubung tinggal klik dan batalkan penautan. Biasanya akan terdeteksi browser yang digunakan atau perangkat lain.

Sampai disini, Whatsapp Anda sudah tidak bisa di sadap menggunakan teknik ini, dan selalu pastikan hanya perangkat yang diijinkan saja yang terhubung dengan akun Whatsapp Anda.

Kemungkinan besar memang hanya orang terdekat yang menggunakan teknik ini, jadi Anda bisa mengantisipasi agar handphone Anda selalu terkunci dengan pengamanan yang ketat.

2. Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak Menggunakan Social Engineering dan OTP

Cara Mengembalikan Whatsapp yang Dibajak

Teknik ini biasanya menggunakan social engineering untuk memanipulasi korban agar memberikan kode OTP yang masuk ke dalam ponsel. Secara tidak langsung, peretas akan mengambil alih akun Whatsapp dengan login di ponselnya menggunakan kode OTP dan nomor milik korbannya.

Untuk mengantisipasi hal ini, jika Anda mendapatkan kode OTP yang tidak Anda minta, silahkan abaikan dan langsung hapus saja. Kalau sudah terlanjur teretas, asalkan nomor masih ditangan Anda, langsung saja registrasi ulang Whatsapp Anda. Maka akun yang sudah teretas di ponsel peretas akan langsung terlogout.

Demikian cara mengembalikan Whatsapp yang dibajak menggunakan cara sederhana diatas. Semoga bisa bermanfaat, selalu waspada terhadap penyalahgunaan akun media sosial dan jaga keamanan privasi Anda di internet. Mulailah dengan selalu mengunci ponsel Anda dengan keamanan yang ada dan maksimalkan. Bisa dengan pola, sandi, pin atau pun sidik jari dan face unlock.

Dan selalu update Whatsapp Anda ke versi yang terbaru, Bisa Anda cek pembaharuan aplikasi Whatsapp dibawah ini.

‎WhatsApp Messenger
‎WhatsApp Messenger
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free
WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger
Developer: WhatsApp LLC
Price: Free

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.